Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Quantity Ditinjau dari Gaya Kognitif Pada Kelas VIII SMP Negeri 7 Polewali

Authors

  • Pitri Pitri Universitas Sulawesi Barat
  • Nenny Indrawati Universitas Sulawesi Barat
  • Ana Muliana M Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.59108/ime.v3i1.86

Keywords:

Kategori Kesalahan Watson, Soal PISA Konten Quantity, Gaya Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Polewali dalam menyelesaikan soal PISA konten Quantity. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi tes PISA dan tes GEFT serta wawancara. Subyek penelitian adalah 2 orang peserta didik dengan gaya kognitif field-dependent dan field-independent. Berdasarkan kategori keslahan Watson, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pesreta didik dengan gaya kognitif field-independent cenderung mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik, karena peserta didik dengan gaya kognitif field-independent hanya melakukan satu kesalahan yaitu tidak menyatakan data. (2) Peserta didik dengan gaya kognitif field-dependent cenderung kurang mempunyai kemampuan dalam memecahkan masalah, karena peserta didik dengan gaya kognitif ini melakukan tiga kesalahan yaitu tidak menyatakan data, konflik level respon, dan tidak menyatakan kesimpulan. (3) Alasan mengapa peserta didik dengan gaya kognitif field-dependent dan field-independent melakukan kesalahan adalah peserta didik keliru dengan pertanyaan soal, peserta didik kurang teliti dalam mengoperasikan bilangan, sering terburu-buru dalam menyelesaikan soal, peserta didik beranggapan bahwa menulis apa yang diketahui pada soal tidak terlalu penting bahkan mengurangi waktu perhitungan dan peserta didik juga beranggapan bahwa kesimpulan akhir tidak penting dalam menyelesaikan soal.

References

Ari Wulandari, E. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbasis Gaya Kognitif Dikelas Xi Smk Asta Mitra Purwodadi Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Arvianto, I. R. (2017). Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Integral Berdasarkan Gaya Kognitif pada Mata Kuliah Matematika Informatika. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 36-47. https://doi.org/10.26594/jmpm.v2i1.799

Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto, S. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan tahapan newman beserta bentuk scaffolding yang diberikan. Kadikma, 8(1), 40-51. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5229

Firdausi, M., Inganah, S., Rosyadi, A. A. P. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol. 6(2). 237-249.

Karimah, A. & Faud, Y. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(6). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1578004

Mulbar, U., Rahman, A., & Ahmar, A. (2017). Analysis of the ability in mathematical problem-solving based on SOLO taxonomy and cognitive style. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(1). https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2940939

Murafiah, M., & Amin, N. (2018). Pengaruh gaya kognif dan gender terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1).

Ngilawajan, D. A. (2013). Proses berpikir siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika materi turunan ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 71-83. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.48

OECD. (2013b). PISA 2015 Draft Mathematics Framework. Paris: OECD Publishing.

Rahmad, B. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Ruang Dimensi Tiga Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa, Jurnal Pendidikan Matematika Solusi Vol.1 No.1.

Suryaningrum, E. A., & Febrian, F. (2016). Dual Mode Error Analysis: Penyelesaian Permasalahan Luas Permukaan Serta Volume Prisma Dan Limas Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Gantang Pendidikan Matematika FKIP, Vol. 1 No. 2. https://doi.org/10.31629/jg.v1i2.49

Utari, E., D. 2019. Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Watson’s Error Category dalam Menyelesaikan Soal Model PISA Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent – Field Independent. Skripsi. Surabaya: UIN Sunan Ampel

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles