Pengaruh Kemampuan Numerik dan Konsentrasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas VIII SMP Negeri 2 Majene

Authors

  • Nur Rahma K Universitas Sulawesi Barat
  • Sitti Inaya Masrura Universitas Sulawesi Barat
  • Ana Muliana M Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.59108/ime.v3i1.84

Keywords:

Kemampuan Numerik, Konsentrasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan numerik dan konsentrasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi penelitian dengan teknik Cluster Sampling adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Majene yang berjumlah 143 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 42 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII A dan kelas VIII F. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Penelitian ini menggunakan instrumen angket dan tes yang diujikan kepada siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Majene, terdapat pengaruh yang signifikan antara konsentrasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Majene dan terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik dan konsentrasi belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Majene.

References

Aini, N. Q & Fahriza, I. (2020). Flow Akademik Pada Pendidikan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 369-376. https://doi.org/10.51212/jdp.v13i3.1633

Cahani, K., Effendi, K. N. S., & Munandar, D. R. (2021). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari konsentrasi belajar pada materi statistika dasar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 215-224. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.p%25p

Dwiningrat, I.G.A.A., Suniasih, N.W., Manuaba, I.S., & Fo, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Gunur, B., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Hubungan antara kemampuan numerik dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di pedesaan. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 148-160. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a2

Hamida, Mahmud, N., & Masrura, S.I. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gender Siswa Kelas Xi Ma Nuhiyah Pambusuang. PEDAMATH: Journal on Pedagogical Mathematics, 5(1), 48-54.

Lupita, D.A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Pemecahan Matematika SMA Negeri di Jakarta Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 129-136.

Makmun, A.S. (2015). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

OECD. (2019) Pisa 2018 Results Combined Executive Summaries Volume I, II & III. New York: Columbia University.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 7911-7915.

Rahmiati, R., & Fahrurrozi, F. (2016). Pengaruh Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal Pendidikan Matematika, 10(2), 75-86.

Ramadhan, M., Suaedi, S., & Ilyas, M. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Kecerdasan Emosional Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP di Kecamatan Latimojong. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 139-148.https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i2.1625

Rospitasari, M., Hartoyo, A., & Nursangaji, A. (2017). Hubungan kecerdasan emosional dan kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa di SMP Bumi Khatulistiwa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(8). 1-11.

Simorangkir, D.S., & Napatipulu, E. (2022). Pengaruh Konsentrasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Formosa Jurnal of Science and Thecnology (FJST), 1(6), 711-722. https://doi.org/10.55927/fjst.v.1i6.1597

Yarmayani, A. (2016). Aanalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah DIKDAYA. 6(2), 12-19. https://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v6i2

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles