Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Missouri Mathematics Project terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Pinrang

Authors

  • Humaerah Syam Collage student
  • Sitti Inaya Masrura Universitas Sulawesi Barat
  • Sartika Arifin Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.59108/ime.v2i1.68

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pinrang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental tipe nonequivalent control grup design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan kelas XI.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Analisis data dilakukan menggunakam uji t (independent sample t-test) diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak atau H1 diterima. Selain itu, berdasarkan uji n-gain pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,73 yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 0,60. Jadi, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Missouri Mathematics Project (MMP) berpengaruh  terhadap kemampuan pemecahan matematika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pinrang.

References

Ansori, H., & Aulia, I. (2015). Penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di SMP. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49-58.

Asran, M. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Quiz Team Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Di SMPN 1 Tinambung. JUPIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 6(2), 116-123. https://doi.org/10.37478/jupika.v6i2

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31-39.

Diaz, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pekanbaru. Jurnal AKSIOMATIK, 8(3), 33-42.

Dwiningrat, I. G. A. A., Suniasih, N. W., Manuaba, I. S., & Fo, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Indria, R., & Andriani, S. (2018). Efektifitas model pembelajaran Missouri Mathematics Project dalam meningkatkan pemecahan masalah matematis turunan fungsi aljabar. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 1(2), 441-448.

Khabibah, S. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP berdasarkan langkah polya. EKUIVALE-Pendidikan Matematika, 20(2).

Mansyur, M., & Khaeriani, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 10-20.

Marliani, N. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Format: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 14-25.

Rahmiati, R., & Fahrurrozi, F. (2016). Pengaruh pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 75-86.

Sani, H. E., & Rizkianto, I. (2022). Pengaruh model pembelajaran missouri mathematics project terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan siswa kelas VII di SMP. Jurnal Pedagogi Matematika, 8(3), 158-171.

Sulfemi, W. B. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantu Media Relief Experience dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PENDAS MAHAKAM:Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(3), 232-245.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan awal matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119-130.

Wahyuni, R., & Efuansyah, E. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Menggunakan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan

Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 24-36.

Yarmayani, A. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah DIKDAYA. 6(2), 12-19. https://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v6i2

Published

2024-05-30

Issue

Section

Articles