Pengembangan Aplikasi Kelas Pintar sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa
DOI:
https://doi.org/10.59108/ime.v2i1.67Abstract
Penggunaan media pembelajaran yang sederhana tidak cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar matematika. Dengan demikian, adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan keefektifan aplikasi Kelas Pintar sebagai media pembelajaran matematika berbasis android yang akan digunakan pada kegiatan pembelajaran guna meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode Research and Development (R&D) yang ditunjang dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation dan evaluation). 5 pakar dan tenaga ahli yang berprofesi sebagai dosen dan guru memberikan nilai tentang validasi media pembelajaran dengan instrumen penelitian meliputi lembar validasi media pembelajaran berbasis android. Serta sebagai responden, 40 Siswa kelas XI SMK Pasundan 1 Cianjur memberikan nilai tentang keefektifan media pembelajaran dengan instrumen penelitian meliputi form tanggapan keefektifan media pembelajaran berbasis android. Hasil pengembangan aplikasi Kelas Pintar sebagai media pembelajaran matematika berbasis android mendapatkan persentase nilai rata-rata validasi sebesar 92,60% yang menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid atau dapat digunakan tanpa perlu revisi dan persentase nilai rata-rata tanggapan responden mendapatkan nilai sebesar 94,08% yang menunjukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi Kelas Pintar sebagai media pembelajaran matematika berbasis android termasuk pada kriteria valid dan efektif sehingga dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran.
References
Akbar,S & Sriwijaya. (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Cipta Media
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.
Fuady, M. J., (2016). Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Online untuk Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Universitas Negeri Malang, 26(2), 148.
Handayani, T. L., Sugianto, S., & Susanto, H. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbentuk Pop-Up dan Smash Book Materi Sifat Cahaya Bagi Siswa Penyandang Disabilitas Rungu. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 8-15.
Hendrayana, Y., Mulyana, A., & Budiana, D. (2009). Perbedaan Persepsi Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Orientasi Tujuan Instruksional Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar. penjasor, 1(1), 162.
Hendriawan, M. A., & Septian, A. (2019). Pengembangan JIMATH Sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 45-52.
Nafsih, N. Z., & Yusliani, E. (2019). Validitas, Reliabilitas, Praktikalitas, Dan Efektifitas Bahan Ajar Cetak meliputi Handout, Modul, Buku (Diktat, Buku Ajar, Buku Teks), LKS, dan Pamflet.
Nieveen, N. (1999). Prototyping To Reach Product Quality. In Design approaches and tools in education and training (pp. 125-135). Springer, Dordrecht.
Purbasai, R., J., dkk., (2013). Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal FMIPA UM
Rasyid, M., Azis, A. A., & Saleh, A. R. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia dalam konsep sistem indera pada siswa kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 69-80.
Santyasa, I. W. (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Setiadi, Anwar., Yuliatmojo, Pitoyo., Nurhidayat, Diat. (2018). Pengembangan Aplikasi Android untuk Pembelajaran Pneumatik. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika. 1(1), 2.
Styawati., Ariany, Fenti., Alita, Debby., Susanto, E. R. (2020). Pembelajaran Tradisional Menuju Milenial: Pengembangan Aplikasi Berbasis Web sebagai Penunjang Pembelajaran E-Learning pada MAN 1 Pesawaran. JSSTCS.
Subekti, H. (2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains SMP Berorientasi Pendidikan Berkarakter Dengan Model Kooperatif Pada Materi Sensitifitas Indera Peraba. Jurnal FMIPA. UNESA.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, CV
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Yuntoto, Singgih. (2015). Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Kompetensi Pengoprasian Sistem Pengendali Elektronik pada Siswa Kelas XI SMKN 2 Pengasih. UNY.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Intellectual Mathematics Education (IME)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.