Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif

Authors

  • Fezrilya Gunawan Universitas Suryakancana
  • Ari Septian Universitas Suryakancana
  • Rani Sugiarni

DOI:

https://doi.org/10.59108/ime.v1i2.49

Keywords:

gaya kognitif, lingkaran, kemampuan representasi matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif pada materi lingkaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dimana data diperoleh dari tes GEFT dan tes kemampuan representasi matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP di Cianjur. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu:  1) Siswa dengan kategori field dependent yang memiliki kemampuan representasi matematis pada kategori sedang, mampu memenuhi semua indikator kemampuan representasi matematis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu indikator visual, simbolik, dan verbal. Siswa field dependent yang memiliki kemampuan representasi matematis pada kategori kurang hanya mampu memenuhi indikator visual serta belum mampu memenuhi indikator simbolik dan verbal; 2) Siswa dengan kategori field independent yang memiliki kemampuan representasi matematis pada kategori tinggi, mampu memenuhi semua indikator yaitu indikator visual, simbolik, dan verbal. Meskipun terdapat kekeliruan dalam pengerjaannya, siswa field independent mampu menentukan langkah awal yang lebih tepat dibandingkan siswa field dependent. Siswa field independent yang memiliki kemampuan representasi matematis pada kategori kurang hanya mampu memenuhi indikator visual dan belum mampu memenuhi indikator simbolik dan verbal.

References

Alifah, N., & Aripin, U. (2018). Proses Berpikir Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematik ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 505–512. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p505-512

Amalia, F., Wildani, J., & Rifa’i, M. (2020). Literasi Statistik Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.5626

Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (3 ed.). Bumi Aksara.

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110

Fitriani, A. (2018). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Pedagogy (Jurnal Pendidikan Matematika), 3(1), 138–147. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v3i1.957

H Mailili, W. (2018). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2371

Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA Kelas XI. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1093–1104. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1093-1104

Hartono, Firdaus, M., & Sipriyanti. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Fungsi dengan Pendekatan Open Ended pada Siswa Kelas VIII MTs Sirajul Ulum Pontianak. Eksponen, 27(1), 9–20. https://jurnal.umko.ac.id/index.php/eksponen/article/view/128

Hasan, B. (2020). Proses Kognitif Siswa Field Independent dan Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 323–332. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.p%25p

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Penguatan Peran Lembaga PAUD untuk the Programme for International Student Assesment (PISA). Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 63–70.

Ilyas, M. (2018). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bilangan Bulat ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Pedagogia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 77–89. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v3i1.951

Ngilawajan, D. A. (2013). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 2(1), 71–83. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.48

Nugraha, M. G., & Awalliyah, S. (2016). Analisis Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2016 UNJ, 71–76. https://doi.org/10.21009/0305010312

Prihatiningsih, M., & Ratu, N. (2020). Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 353–364. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.218

Pujiastuti, R. Y. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Berdasarkan Gaya Kognitif pada Materi Pola Bilangan Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Malang [Universitas Islam Malang]. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1577

Rahmadian, N., Mulyono, & Isnarto. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI). PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 287–292. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28940

Rohmani, D., Rosmaiyadi, R., & Husna, N. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Materi Pythagoras. Variabel, 3(2), 90–102. https://doi.org/10.26737/var.v3i2.2401

Septian, A., Setiawan, E., & Noersapitri, Y. (2023). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa menggunakan GeoGebra. Jurnal Padegogik, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.35974/jpd.v6i1.2905

Septian, A., Suwarman, R. F., Monariska, E., & Sugiarni, R. (2020). Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually Learning Assisted by GeoGebra to Improve Student’s Mathematical Representation Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1), 1–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012023

Setyoningrum, D. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Kognitif Materi Bangun Datar Segiempat. Artikel Skripsi Universitas PGRI Kediri, 01(05), 1–11. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/38ca8a6fa4cc02861aa91e7c3831cdb2.pdf

Silviani, E., Mardiani, D., & Sofyan, D. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 483–492. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1011

Siregar, N. N., & Surya, E. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Kognitif Materi Bangun Datar. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.14085.19684

Slamet, W. (2017). Metode Pembelajaran dan Gaya Kognitif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan (JPPP), 2(1), 125–139. https://doi.org/10.22236/JPPP

Sugiarni, R., Septian, A., Muhammad, G. M., Berliana, R., Kusumah, N. P., & Agustin, P. A. (2020). Penerapan Multimedia dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning untuk Guru-Guru SMP Al-Madina Cianjur. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 145–148. https://shorturl.at/zJTW5

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sulistyowaty, R. K., Kesumah, Y. S., & Priatna, B. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Pembelajaran Collaborative Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 153–162. https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.6829.153-162

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.984

Ulya, H., & Rahayu, R. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Field Intermediate dalam Menyelesaikan Soal Etnomatematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 451–466. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2695

Wulan, E. R. (2019). Gaya Kognitif Field-Dependent dan Field-Independent sebagai Jendela Profil Pemecahan Masalah Polya dari Siswa SMP. Factor M, 1(2). https://doi.org/10.30762/f_m.v1i2.1503

Wulan, E. R., & Anggraini, R. E. (2019). Gaya Kognitif Field-Dependent dan Field-Independent sebagai Jendela Profil Pemecahan Masalah Polya dari Siswa SMP. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(2), 123–142. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i2.1503

Zahid, M. Z. (2020). Telaah kerangka Kerja PISA 2021: Era Integrasi Computational Thinking dalam Bidang Matematika. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3(1), 706–713. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles