A Analisis Learning obstacle pada Materi Kubus dan Balok Siswa Kelas 8 SMP

Authors

  • Endah Farida Ariyani Pascasarjana Universitas Gunung Jati
  • Surya Amami Pramuditya Universitas Gunung Jati
  • Cita Dwi Rosita Universitas Gunung Jati

DOI:

https://doi.org/10.59108/ime.v2i1.17

Keywords:

learning obstacle, epistemological obstacle, geometri, kubus, balok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis learning obstacle jenis epistemological obstacle siswa terkait luas permukaan dan volume kubus dan balok. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Kelas VIII di salah satu SMP di Kabupaten Kuningan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik Triangulasi yang terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan instrumen tes yang akan diujikan kepada siswa untuk menemukan learning obstacle dan juga pedoman wawancara.

References

Anugrah, A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 213. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11897

Aprilia, D., Praja, E. S., & Noto, M. S. (2018). Desain Bahan Ajar Lingkaran Berbasis Koneksi Matematis Siswa SMP. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.30738/.v6i1.1547

Diana, L., Vitaloka, T. Z., Wulandari, F., & ... (2019). Learning Obstacle Siswa terhadap Konsep Geometri SMP. Prosiding Seminar …, 390–399.

Feriana, O., & Ilma Indra Putri, R. (2016). Desain Pembelajaran Volume Kubus Dan Balok Menggunakan Filling Dan Packing Di Kelas V. Jurnal Kependidikan, 46(1), 149–163.

Hakim, A. R., Supratman, S., & Madawistama, S. T. (2022). Proses Berpikir Representasi Matematis Siswa Berdasarkan Tipe Kepribadian Guardian dan Rasional. Prisma, 11(1), 193. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2150

Kania, N., Sudianto, S., & Hanipah, H. (2022). Analysis of Student’s Geometry Thinking Ability Based on Van Hiele’s Theory. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 12(1), 21–33. https://doi.org/10.20961/jmme.v12i1.62273

Novita, R., Herman, T., Suryadi, D., Dasari, D., & Putra, M. (2022). How Pre-Service Elementary Teachers Deal with Mathematical Literacy Problems? A Case Study. Proceedings of the Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science, Technology, Education, Arts, Culture, and Humanity (STEACH) International Conference (SEADR-STEACH 2021), 627, 135–143. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211229.022

Rahmawati, E., Pranata, O. H., & Lidinillah, D. A. M. (2021). Desain Didaktis Materi Volume Kubus dan Balok Berbasis Teori Van Hiele untuk Mengatasi Learning Obstacle Siswa. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 780–791.

Salsabila, G., Septian, A., Inayah, S., Hanifah, N., & Komala, E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Visualization , Auditory , Kinesthetic ( VAK ) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Intellectual Mathematics Education (IME), 1(1), 33–39.

Sari, R. R., & Roesdiana, L. (2020). Analisis Learning Obstacle Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Prosiding Sesiomadika, 779–786.

Septian, A., Fahrisyal, M. L., & Jusniani, N. (2022). Pengembangan GeoGebra Classroom Pada Materi Transformasi Geometri. PRISMA, 11(2), 504–514. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2483

Tanzimah, T. (2020). Analisis Learning Obstacle Pada Materi Volume Limas. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 16. https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.4930

Yao, X., & Manouchehri, A. (2020). Teacher Interventions for Advancing Students’ Mathematical Understanding. Education Sciences, 10(6), 164. https://doi.org/10.3390/educsci10060164

Published

2024-05-30

Issue

Section

Articles