Responses Siswa Terhadap Open Ended Task dalam Komunikasi di Kelas dan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.59108/ime.v3i1.103Keywords:
Komunikasi, Berpikir Kritis, Tugas Open-EndedAbstract
Peran komunikasi dalam matematika menjadi fokus utama proses pembelajaran. Melalui komunikasi dapat mengorganisasikan serta menkonsolidasi pola berpikir matematis. Berpikir matematis terkait tugas yang bersifat terbuka dapat mengembangkan pola pikir menjadi lebih kritis dan solusi yang diberikan lebih terperinci. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengamati beberapa hasil penelitian sebelumnya mengenai komunikasi dan berpikir kritis matematis pada kasus tugas yang bersifat terbuka. Penilaian terhadap soal open-ended dalam konteks matematika berfokus pada respon siswa. Analisis terhadap respon siswa dapat memperlihatkan bagaimana proses dan pemahaman yang dimilikinya terhadap suatu konten matematika. Metode penelitian ini merupakan studi literatur. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu yang membahas konten matematika untuk menjawab apakah terdapat respon siswa terhadap tugas yang bersifat terbuka pada pembelajaran matematika. Hasil yang diperoleh dalam menelaah beberapa respon siswa terhadap soal open-ended dapat dikembangkan sebagai instrumen yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kritis.
References
Apino, E., & Retnawati, H. (2016). Creative Problem Solving to improve students’ Higher Order Thinking Skills in mathematics instructions. Proceedings of 3rd International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Science, 339–346.
Baral, S., Botelho, A. F., & Erickson, J. A. (2021). Improving Automated Scoring of Student Open Responses in Mathematics. 9.
Baroody, A. J., & Coslick, R. T. (1993). Problem solving, reasoning, and communicating, K-8: Helping children think mathematically. Merrill.
Becker, J. P., & Shimada, S. (1997). The Open-ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. ERIC.
Blikstein, P. (2011). Using learning analytics to assess students’ behavior in open-ended programming tasks. Proceedings of the 1st international conference on learning analytics and knowledge, 110–116.
Carneiro, R., & Draxler, A. (2008). Education for the 21st century: Lessons and challenges. European journal of education, 43(2), 149–160.
Irawan, A., & Surya, E. (2017). Application of the Open Ended Approach to Mathematics Learning in the Sub-subject of Rectangular. International Journal of Sciences, 33(3), 10.
Kaur, B., & Wong, K. Y. (2011). Assessment in the Mathematics Classroom: Yearbook 2011, Association of Mathematics Educators. World Scientific.
Lomibao, L. S., Luna, C. A., & Namoco, R. A. (2016). The influence of mathematical communication on students’ mathematics performance and anxiety. American Journal of Educational Research, 4(5), 378–382.
Munroe, L. (2015). The open-ended approach framework. European Journal of Educational Research, 4(3), 97–104.
Nurina, D. L., & Retnawati, H. (2015). Keefektifan pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing dan pendekatan open-ended Ditinjau Dari HOTS. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 129–136.
Nurul, I. (2014). Improve student’s learning outcomes in class X SMK PGRI 2 sidoarjo through an open ended approach. Jurnal Education Mathematic Stkip Pgri Sidoarjo, 2(2).
Principles, N. (2000). Standards for school mathematics Reston, VA Natl. Counc. Teach. Math.
Sanchez, W. B. (2013). Open-ended questions and the process standards. The Mathematics Teacher, 107(3), 206–211.
Sullivan, P., Warren, E., & White, P. (2000). Students’ responses to content specific open-ended mathematical tasks. Mathematics Education Research Journal, 12(1), 2–17. https://doi.org/10.1007/BF03217071
Umar, W. (2012). Membangun kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Infinity Journal, 1(1), 1–9.
Viseu, F., & Oliveira, I. B. (2012). Open-ended Tasks in the Promotion of Classroom Communication in Mathematics. 14.
Ward, B. B., Campbell, S. R., Goodloe, M. R., Miller, A. J., Kleja, K. M., Kombe, E. M., & Torres, R. E. (2010). Assessing a Mathematical Inquiry Course: Do Students Gain an Appreciation for Mathematics? PRIMUS, 20(3), 183–203. https://doi.org/10.1080/10511970801992921
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Intellectual Mathematics Education (IME)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.