Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemahaman Matematis pada Materi Operasi Bentuk Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.59108/ime.v2i1.66Keywords:
Kesulitan Siswa, Kemampuan Pemahaman MatematisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemahaman matematis pada materi operasi aljabar. Subjek penelitian diambil dengan purposive sampling sebanyak 2 orang siswa. Pemeriksaan validitas data dilakukan dengan triangulasi metode. Analisa data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa : (1) Subjek pada kategori nilai rendah mengalami kesulitan pada indikator menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, mengklasifikasikan objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut, menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematika, mengaitkan berbagai konsep. Subjek pada kategori nilai rendah hanya mengetahui pengertian variabel. Subjek sudah mampu membuat model matematika berbentuk aljabar dari permasalahan dan menyajikannya serta mampu memberikan contoh soal berbentuk aljabar. Subjek tidak mampu menyederhanakan soal pecahan bentuk aljabar dan juga kesulitan mengerjakan soal tentang perpangkatan (perkalian berulang); (2) Subjek pada kategori nilai tinggi hanya mengalami kesulitan pada indikator mengaitkan berbagai konsep pada konsep bilangan pecahan. Subjek pada kategori nilai tinggi mampu menjelaskan dengan lengkap pengertian variabel, koefisien, konstanta dan suku. Subjek dapat menyusun pemodelan matematika berbentuk aljabar dari permasalahan dan menyajikannya serta memberikan contoh soal bentuk aljabar. Subjek juga memahami materi perpangkatan (perkalian berulang) dan operasi hitung aljabar, dapat menyatakan operasi bentuk aljabar ke bentuk operasi lainnya, dapat menyelesaikan persoalan berkaitan dengan operasi hitung bentuk aljabar yang melibatkan berbagai konsep kecuali pada konsep bilangan pecahan, dan subjek sudah mengetahui cara menentukan koefisien dan konstanta secara mendasar namun masih mengalami kesulitan menentukan koefisien pada bentuk aljabar apabila level kesukaran soal bentuk aljabar meningkat.
References
Alamsyah, M. (2017). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Dasar pada Siswa Kelas VIII MTsN Balang-Balang.Skripsi: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Alfina, S & Sutirna. (2022). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa MTs pada Materi Aljabar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5 (2), 405-416. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10283
Firliani, F., Ibad, N., DH, N., & Nurhikmayati, I. (2019). Teori Throndike dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 823-838. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/118
Herawati, E., & Kadarisma, G. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4 (2), 355-364. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.p%25p
Hidayati, F. (2010). Kajian Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta Dalam Mempelajari Aljabar. Universitas Negeri Yogyakarta Program Studi Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Tidak diterbitkan.
Lahinda, Y., & Jailani, J. (2015). Analisis proses pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 148-161. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7157
Lestari, D.E., & Suryadi, D. (2020). Analisis Kesulitan Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 247–258. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.9737
Mailani, E. (2015). Penerapan pembelajaran matematika yang menyenangkan. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(1), 8-11. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v1i1.1286
Monariska, E. (2017). Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa pada mata kuliah kalkulus I. Prisma, 6(1), 17-31. https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.25
Qohar, A. (2010). Megembangkan Kemampuan Pemahaman, Koneksi, dan Komunikasi Matematis, serta Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Reciprocal Teaching. Disertasi pada PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Septian, A., & Gustiana, M. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis E-Learning. Union:Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 81-92. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.12041
Septian, dkk. (2022). Penerapan Media YouTube untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Union:Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(3), 319-330. https://doi.org/10.30738/union.v10i3.12817
Sholekah, L. M., anggreini, dewi, & Waluyo, A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari koneksi matematis materi limit fungsi. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2). https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1413
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suspita, B. L., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Kelas Viii Mts. Media Pendidikan Matematika, 7(2), 25-36. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i2.2192
Ulandari, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Pertidaksamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Teori Pemahaman Skemp. Skripsi : Universitas Jambi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Intellectual Mathematics Education (IME)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.