Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Pemanfaatan Alat Peraga dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.59108/ime.v2i1.45Keywords:
Alat Peraga, Model PjBL, Pemahaman Konsep, PTKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Pemanfaatan Media Alat Peraga terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan pada siswa kelas X SMK TV Watampone Kabupaten Bone. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian terdiri dari satu kelas yaitu kelas X.2 sebanyak 28 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa, angket respons siswa, dan tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini adalah rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat dari 83,21 post test siklus I menjadi 91,79 post test siklus II. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Project Based Learning dengan memanfaatkan media alat peraga pada siklus I adalah 90,39% dan pada siklus II adalah 92,68%. Rata-rata aktivitas siswa pada pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Project Based Learning dengan memanfaatkan media alat peraga pada siklus I sebesar 91,14% sedangkan pada siklus II sebesar 95,04%. Rata-rata respons siswa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Project Based Learning dengan memanfaatkan media alat peraga pada siklus I adalah 84,72% dan pada siklus II adalah 93,06%. Selain itu, meningkatnya pemahaman konsep matematis siswa yaitu 28 jumlah siswa, ada 25 siswa atau sebesar 89,28% dan telah memenuhi ketuntasan minimal yaitu 80% secara klasikal, secara tujuan dari tindakan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa juga tercapai.
References
Komang, N., Yunita, T., Sugiarta, I. M., & Parwati, N. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ( TPS ) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. 5(1), 40–47.
Murnaka, N. P., & Dewi, S. R. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 163. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.637
Ramadhanty, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Media Barang Bekas Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Di Kelas V Mi Nurul Islam 2 Karang Sari, Jati Agung, Lampung Selatan.
Romadhani, D., & Harahap, N. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Website Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1222–1239. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1340
Sasmita, D., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Alat Peraga Puzzle Pythagoras. Variabel, 2(2), 62. https://doi.org/10.26737/var.v2i2.1816
Sianturi, E., & Nasution, H. A. (2021). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction pada Materi Bangun Datar Kelas VII SMP Swasta Silindak Tahun Pelajaran 2020/2021. … Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 101–106.
https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/707
Syaifar, M. H., Maimunah, M., & Roza, Y. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 519–532. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1097
Zulfahrani, D. (2018). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Tipe Numbered Heads Together (Nht) Pada Materi Aljabar Di Kelas VII MTs Al-Washliyah Kolam T.P 2017 / 2018. Universitas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 11(2), 1–182. https://core.ac.uk/download/pdf/188013392.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Intellectual Mathematics Education (IME)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.